Laman

Juni 29, 2008

Ta'aruf - PML


Alhamdulillah sekarang kami punya blog sebagai media kami. Kami adalah sekumpulan remaja Islam yang memiliki kegiatan pengajian disetiap malam minggu. Pengajian remaja ini diberi nama PML. Nama PML mulai dipublikasikan sekitar tahun 1997, diawali dengan kebiasaan menunaikan ibadah shalat maghrib dan isya berjamah di masjid kemudian berkumpul di rumah sdra. Dede IW. Karena letak rumah yang relatif dekat antara satu dengan yang lain, membuat pertemuan kami menjadi lebih mudah, hingga satu saat kami membuat komitmen untuk membuat perkumpulan resmi yang lebih terarah dan terjadwal waktu pertemuannya. Maka muncullah nama Pengajian Malam Liburan yang berarti pengajian yang dilaksanakan setiap malam libur, tepatnya malam minggu atau senin.


Alasan kami memilih waktu malam libur karena teman-teman yang tergabung didalam PML adalah pelajar. Kami sangat menghargai waktu belajar teman-teman supaya tidak terganggu. Adapun teman-teman yang pertama memiliki komitmen untuk menjalankan organisasi ini adalah Dede Indro Wibowo, Doni Satiyo Handoyo, Dewi Rimawati, Fajar Triwahyudi, Dian Ikawati, Decky Satyo Nugroho, Hestiaty Ningtyas, Satria Wirawan, dan Karina Annisa Tilova.

Alhamdulillah kegiatan yang kami anggap positif ini hingga kini terus mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Dari jumlah anggota yang tergabung semakin lama semakin bertambah dan tidak lagi hanya berasal dari lingkungan terdekat. Lingkungan tempat tinggal anggota PML sebagian besar berada di daerah Ciputat Jl. Karyawan, Sumber Alam, Sumber Hidup, selebihnya tersebar satu persatu ke daerah yang relatif lebih jauh lagi hingga ke daerah yang relatif membutuhkan kendaran, seperti Bintaro, Ciledug, Kampung Utan.

Di awal tahun 2008 ini jumlah anggota PML secara resmi adalah 24 orang yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan yang berbeda dan tempat tinggal yang berbeda juga, dan kami juga sangat bersyukur dari 24 orang ini, 10 orang sudah berhasil memasuki dunia pekerjaan.
Program kegiatan kami terus menerus mengalami perubahan menjadi lebih variatif dan interaktif. Adapun aktifitas rutin di tahun 2008 ini adalah meliputi 10 kegiatan, yaitu: Kajian Tafsir Quran, Studi Kitab Hadis, Kajian Umum, Bedah Buku, Nonton Bareng, Tausiyah, Cerdas Cermat, English Day dan Ujian Materi. Masing-masing anggota memiliki kewajiban dalam menjalankan program ini dengan secara bergantian menjadi koordinator kegiatan mingguan. Adapun penyusunan jadwal kegiatan dilakukan setiap 2 bulan sekali. Aktifitas PML tidak hanya sampai disini. Tiap memasuki bulan Ramadhan aktifitas kami menjadi bertambah dengan adanya acara buka puasa bersama dan bakti sosial.

Program sosial kami diantaranya adalah bagi teman-teman yang sudah memiliki penghasilan, maka diharapkan mau menyisihkan sebagian hartanya untuk disalurkan kelembaga amal zakat seperti Dompet Dhuafa Republika. Program ini berhasil dimulai sejak tahun 2007.

PML memiliki motto “Selalu Berusaha Dekat Kepada Allah” yang bisa diartikan bahwa setiap kegiatan yang kami lakukan pada esensinya bertujuan untuk selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah. Kebersamaan, kekeluargaan, saling peduli dan saling menghargai adalah suatu sifat yang diharapkan bisa dimiliki oleh setiap anggota, karena dengan landasan itulah alhamdulillah PML hingga kini bisa tetap bertahan dan bertambah solid sejak awal tahun 1997.


3 komentar:

  1. mantap..
    good...
    saya sangat senang dengan semangat teman2 dalam melakukan berbagai kegiatan ke-islam-an..
    sayang sekali sakarang posisi saya di kalimantan, jika masih di jakarta, insyaAllah saya akan sempatkan mampir bertemu sapa dengan teman2..

    tetap semangat..
    :)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pengurus PML..
    saya ingin mengikuti kegiatan ini, saya minta alamat dan nomor telepon organisasi ini,,
    Terima Kasih..
    _Diah_

    BalasHapus
  3. @ diah, bila anda tertarik, adakah no telp yang bisa di hubungi?

    BalasHapus